Laman

Peluang Usaha Membuka Kursus Menjahit

Kursus keterampilan kelihatannya seperti sebuah usaha yang sederhana, namun kursus jenis ini memiliki cukup banyak peminat.
Kursus menjahit saat ini banyak diminati oleh para ibu rumah tangga yang ingin meningkatkan kemampuan menjahitnya, pensiunan yang ingin membuka usaha sampingan sebagai tukang jahit, hingga para peminat karir di bidang konveksi dan desain.
Sebuah tempat kursus menjahit yang juga merupakan lembaga pelatihan memerlukan modal besar serta proses perijinan yang cukup panjang karena usahanya berkaitan dengan sertifikasi. Akan tetapi, bahkan jika anda hanya memiliki modal untuk membeli dua atau tiga mesin jahit, anda sudah bisa membuka sebuah tempat kursus menjahit.
Kemampuan menjahit merupakan kemampuan yang akan terus dibutuhkan selama manusia masih menggunakan pakaian, sehingga kursus menjahit bisa menjadi salah satu jenis usaha bermodal kecil yang patut dicoba.
Jika anda tidak berminat membuka sebuah tempat kursus dan tidak memiliki modal besar, anda bisa mulai dengan membuka jenis kursus yang bersifat privat dan tanpa sertifikat.
Jenis kursus seperti ini hanya menawarkan pengalaman dan tidak menawarkan sertifikasi sehingga anda tidak perlu repot dengan perijinan. Yang penting, anda harus memiliki modal keterampilan menjahit yang memadai sehingga dapat memberi keterampilan yang mudah diaplikasikan oleh murid-murid anda.
Kemampuan yang harus dimiliki termasuk kemampuan menjahit pola, menjahit kancing, mengelim dan sebagainya. Anda dapat juga mempromosikan pelajaran khusus sebagai daya tarik seperti praktek jahit kebaya, membuat baju anak-anak, membuat baju pengantin dan sebagainya.
Untuk memulai kursus jahit kecil-kecilan, anda bisa mulai dengan tiga atau empat buah mesin jahit dan meja pemotong kain.
Anda bisa memulai usaha kursus menjahit ini dari rumah, tentunya anda bisa berhemat dan mengeluarkan modal kecil untuk memulai kursus menjahit ini.
Untuk memulai usaha ini, anda bisa membuka pendaftaran atau memberikan free trial terhadap tetangga disekitar anda, selain itu anda bisa mengiklankan tempat kursus jahit anda lewat promosi mulut ke mulut, tempelan selebaran atau iklan baris di koran.
Bekerjasama dengan sekola kejuruan bisa menjadi ide yang bagus supaya usaha kursus menjahit milik anda semakin dikenal oleh orang.
Apalagi jika anda memiliki spesialiasi kursus menjahit yang unik, tentunya banyak orang akan tertarik belajar dan mengikuti kursus menjahit di tempat anda
Jika anda menerima lebih banyak murid dari yang bisa anda ajari, anda bisa menawarkan sesi privat dengan bayaran yang disesuaikan. Yang paling penting dari membuka kursus menjahit adalah kemampuan anda dalam menyampaikan pelajaran dengan cara yang jelas langkah demi langkah, terutama jika anda menerima murid yang sama sekali belum pernah menjahit sebelumnya.
Jika anda membuka usaha kursus menjahit dari rumah, maka moda usaha tidaklah begitu besar. Anda bisa menghabiskan modal antara 2-5 juta rupiah diawal-awal.
Sementara potensi keuntungan yang bisa didapat dari usaha kursus menjahit ini bisa mencapai 70% dari omset pendapatan.
Target siswa untuk 6 bulan pertama adalah minimal 25 siswa, biasanya mereka yang sudah lulus sekolah dan ingin membuka jasa jahit yang menjadi sasaran konsumen anda.