Laman

Menjahit

Seni

Menjahit adalah seni kraf yang ada sejak dahulu. Dari hanya menjahit tangan dengan jarum kini kerjanya lebih mudah dengan terciptanya mesin jahit dalam era evolusi teknologi. Apa yang menarik mengenai menjahit ialah untuk semua orang tidak pandang umur dan setatus. Dengan sedikit pengetahuan dan kreatifitas bukan saja pakaian malah perhiasan dan kelengkapan rumah seperti langsir, cadar, kusyen, alas meja dan lain-lain dapat dibuat.

Kemahiran

Diperingkat awal, kita akan berangan-angan hendak menjahit sendiri tapi agak ragu. Mungkin karena tidak memahami secara total bagaimana memulai atau kurang berminat. Salah satu faktor yang bisa melunturkan minat ialah terdapatnya banyak pakaian yang telah siap dipasaran. Biar pun begitu ada waktunya kita ingin juga menjahit pakaian sendiri.
Jika minat ini diusahakan dengan terus-menerus, menjahit untuk diri maupun keluarga, lama-kelamaan kita akan menjadi mahir. Ketekunan dan berdaya kreatif seseorang itu adalah aset untuk mencapai kejayaan yang diharapkan setelah berjaya menghasilkan pakaian yang dijahit sendiri tanpa mengeluarkan perbelanjaan yang tinggi. Apabila sudah mahir dalam bidang ini sudah pasti berkeyakinan untuk menerima pesanan dari orang lain sekaligus menambahkan sumber pendapatan bagi diri sendiri dan keluarga.

Belajar

Disaat terfikir untuk memulakan menjahit perasaan kurang yakin merupakan penghalang bagi kita. Sebenarnya menjahit adalah mudah jika kita mempunyai sedikit pengetahuan dan berusaha mengerjakannya dengan denang hati. Ilmu ini sama seperti lain-lain yaitu mempelajarinya tahap demi tahap demi membina kesuksesan. Pengetahuan menjahit adalah proses keterlibatan "hands on" dan belajar dengan melakukannya. Anda boleh mulai belajar dengan mengamati cara orang menjahit dan membiasakan diri dengan mencoba jahitan tangan seperti jahit sembat, jahit butang atau tulang belut. Kemudian belajar pula bagaimana mengguna mesin jahit. Ia satu proses yang mudah cuma perlu usaha dan yakin untuk bisa.


* Belajar membuat jahitan-jahitan yang mudah dan lakukan dengan betul. Tahu cara memulai dan mengakhiri jahitan serta mengukuhkan kelim. Iini akan menjadikan anda lebih paham tentang menjahit kelim yang lurus maupun berbentuk. Ini penting bagi menjahit bagian-bagian yang rumit seperti kolar, lubang tangan dan apapun yang berbentuk.
* Pengadaan dan pemeliharaan mesin jahit perlu kita tahu. Oleh karena itu belajarlah mengenai bagian-bagian serta fungsinya terlebih dahulu. Saat ini setiap mesin disertakan dengan manualnya kecuali bagi mesin lama atau yang dibeli secondhand. Simpanlah manual ini dengan baik kerana ia membantu kita membuat selenggaraan sendiri nanti.